Cara Mengobati Kaki Kucing Keseleo AMPUH!

Bagi Pecinta Kucing pastinya pernah mengalami kaki kucing keseleo, yang tadinya benar-benar sehat dan lincah tiba – tiba berubah murung, diam saja dan tidak mau makan? Perhatikan apakah jalannya seperti pincang atau bahkan tidak mau bergerak sama sekali? Ingat-ingatlah apa aktivitas terakhir yang kucing lakukan, apakah berkelahi, terinjak atau terjatuh dari ketinggian. Bisa jadi kucing sedang keseleo.

Kaki Kucing Keseleo

Kucing keseleo berbeda dengan patah tulang. Jika kucing mengalami patah tulang, kucing sama sekali tidak akan bisa bergerak atau tungkai terlihat menggantung lemas, sedangkan jika keseleo kucing masih bisa bergerak tapi pincang. Untuk kasus patah tulang para pecinta kucing harus segera membawanya ke vet, sedangkan untuk kaki kucing yang keseleo masih bisa dicoba dengan perawatan sendiri dirumah.

Cara Mengobati Kaki Kucing Yang Keseleo

1. Pastikan kucing tetap harus makan dan minum. Karena merasa kesakitan kucing tidak mau makan sama sekali. Suapi dengan makanan lunak dan beri minum dengan spuit kalo perlu.

2. Letakkan kucing di tempat yang aman atau dikandang dulu supaya tidak banyak bergerak.

3. Jika ingin mencoba obat alami, pecinta kucing dapat memarut jahe dan sereh, balurkan pada bagian yang keselo dan bungkus dengan kain.

4. Berikan makanan kucing yang berprotein tinggi seperti ayam atau daging untuk mempercepat penyembuhan.

5. Sebaiknya jangan mengurut sendiri, cukup kompres bagian yang sakit dengan kain yang direndam air hangat.

 

Pertanyaan seputar kaki kucing keseleo

Tanya: kucing saya terkena ban motor, entah terlindas atau keserempet, kucingnya tidak ada luka luar, setelah itu kucingnya tidak mau makan, hanya tidur saja, dan kalau jalan kucingnya tidak kuat, sepertinya ada masalah dengan kakinya .

bagaimana caranya mengobati kaki kucing yang keseleo begitu ?

Jawaban : pake jahe

jahe dan sereh di memarin trus di balurin di kaki tuh kucing,,

iket pake kain,,

Coba diperiksa. Kakinya nda bisa jalan gimana, apa terjuntai lemas atau pas dipegang dia marah karena kesakitan. Klo sampai dipegang trus rasanya dia terjuntai lemes kakinya, bisa jadi tulangnya retak, apalagi klo dia nda kesakitan artinya sarafnya ntah kejepit/putus. Nah, harus ke dokter hewan, terutama yang ahli tulang.

 

NOTE: Kucing Keseleo biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu 3 hingga 7 hari sampai dengan dua minggu. Terimakasih sudah membaca artikel Cara Mengobati Kaki Kucing Keseleo. Semoga bermanfaat.

78 thoughts on “Cara Mengobati Kaki Kucing Keseleo AMPUH!”

  1. mau tanya 5hari lalu anak kucing saya gak sengaja terinjak.umurnya ru 3 mingguan, gak mau netek ke induknya,trus skarang gak bisa jalan,kalau saya pegang badanya,kepalanya nunduk aja.saya berdirikan kya berdirinya kucing normal,kepalanya gak mau tegak,nunduk trus.kalau saya tidurin,bergerak trus sambil ngesot tidur miring ngejar temannya,knapa ya gan? ada solusi?

    Reply
    • jelas saja itu karna terinjak. kucing dibawah 2 bulan itu memang masih ringkih dan sensitif. Biasanya atau pada umumnya tidak lama kemudian kucing akan mati karna memang kesakitan. solusi bawa ke dokter hewan. karna penanganan sendiri gabisa kalu emang masih anakan kucingnya.

      Reply
      • Ini kucing ku ada.kucing kampung.
        Jdi kan gini ntah ke serempet ntah ketabrak ntah dipukulin orang. Gatau. Tapi kucing saya terus sakit sakitan, pegang kaki dan perutnya kesakitan… terus kalo jalan lambat banget terus agak loyo-loyo gitu.saya jadi ikutan kawathir😭😭 mau ke dokter hewan saya org nya miskin😑 hemm kasih tau dong ,cara ngobatin dengan kesendirian tanpa ke dokter😓

        Reply
  2. Lalu kalau kakinya agak bengkak,jalannya pincang dan kalau kakinya dipegang dia mengeong kayak kesakitan gitu gimana?

    Reply
  3. mau tanya dong. kucing saya tangan nya tiba tiba membesar, kmrn mah gak ada luka di telapak tangan / tangan nya. tiba” td pas dilht, ada kayak nanah / apalah tu berair gitu ditelapak tangan dia & tangan dia. dia makan lancar, tp mood”an. gk biasa nya. biasa dikasih makan lgsg cpt makan,skrg malah lama banget makan nya .

    itu kira” kenapa ya? apa itu termaksud keseleo??

    Reply
  4. Anakan kucing saya kejepit pintu kakinya umur sekitar 2bln, terus jalanya pincang? Kira kira keseleo aja atau patah yaa? Solusinya gimana

    Reply
    • kalau kejepitnya keras bisa saja retak , kalau parah bisa patah. kalau kesleo bisa sembuh. kalau patah setidaknya harus dirawat agar kakinya mau napak lagi. jika tidak maka akan cacat seumur hidup.

      Reply
  5. Thnks info nya. Bakal saya cobe. Kebetulan kucing saya kayanya keseleo. Ga doyan makan dan jadi pendiam. Kalo jalan rada pincang. Ga bisa lari. Biasanya dia tidur didepan/belakang TV. Mau manjat meja TV aja jatoh terus. Kasian liat nya.. Pas sy pegang kakinya dia mengeong kesakitan. Sedih.. Hiks.
    Semoga kucing sy cepet sembuh.

    Reply
  6. Saya ada kucing umurnya sekitar 4 bulanan , kakinya kejepit sama putaran mesin jahit yang bulat itu lho , lalu kakinya sekarang berdarah dan pincang , kira kira patah atau cuma karna sakit aja dia pincang?

    Reply
  7. Trim’s gan smoga bermanfaat. Wjib di coba.. Soalnya induk kucing ku pincang, anaknya yg umur 1 tahun juga pincang, trus adiknya yg umur 4 bln juga pincang baru2 ini keinjak… Klo kucing yg 1 tahun dh lma pincangnya, klo berdiri kaki yg kananya diangkat, kyk kera sakti.. Bis kelahi disela kukunya hitam, apakah pke jahe jg bisa?

    Reply
  8. Apakah dengan akupuntur syaraf kaki kucing yang bagian belakang msh bisa kembali seperti semula ( hbs ketabrak udh di ronsen tapi tidak ada yang patah )

    Reply
  9. Saya punya kucing 1 bulan yg lalu berkelahi ma anjing dia luka kaki belakang parah saya bawa ke dokter tidak patah tulang terus di kasih obat katanya tunggu 2 blan bisa jalan ,obat abis saya kasih betadin luka luar nya sekarang luka luar nya sudah kering cma jalan nya masih ngesot ga ada kemajuan minta solusi nya harus di kasih apa

    Reply
  10. Gan, mohon pencerahannya .
    Kucing saya kaki nya sakit, dia bisa jalan cuma pincang . Ada sedikit memar di bagian paha nya, kalo dipegang dia ngamuk. Mohon pencerahan nya gan .. thanks

    Reply
  11. Kucing saya baru berusia 3minggu terus dia jatuh dari kasur,dan setelah itu dia jalannya pincang tapi dia masih mau menyusui dan masih aktif,saya gatau itu patah atau gimana,saya khawatir.gimana untuk jaga jaga?

    Reply
  12. Saya mau bertanya,
    Kucing saya tiba tiba poop agak encer , kemudian dia tidak mau menggerakkan kedua kakinya yang belakang. Dia juga tidak mau makan sudah 3hari. Itu penyebab nya apa ya? Apakah keseleo ? Patah tulang ? Atau diare yang membuat kakinya mati rasa? Terimakasih

    Reply
  13. Ini kucingnya gw ntah keserempet ntah ketabrak ntah dipukul org. Gtw. Tapi kucing saya terus sakit sakitan, pegang kakinya dia kesakita.. Terus klo jln lambat bgt terus agak loyo loyo gitu. Terus lg gk mw makan. Please kasih masukan…. 😢😢😢

    Reply
  14. Kucing aku barusan kejepit pagar rumah, kaki belakang kanannya jadi kaku gitu, terus pas aku pegang dia kesakitan gitu, jadi agak pendiem sedikit, tapi masih doyan makan, solusinya gimana?

    Reply
  15. Kucingku kemarin jatuh dari ketinggian dan pas jatuh itu tubuh bagian belakang menghantam kursi min terus sekarang lemes gak mau makan kalau jalan masih mau itu cara nya gimana

    Reply
  16. Gan tlg donk..d D rmh q sering kdtangan kucing biasa mnta mkan lm klamaan seperti nurut dan tau waktunya lapr dtng k rmh ku nah yg buat q sedih kucing ni dh smggu ap dua mggu ni engsel kakinya terlihat bengkak ada luka nnti dah mw kering dijilatin lg tp akhirnya mnjdi keluar cairan menyenyeh seperti nanah/ darah gitu tp q gak brani tuk beri dia perban..kdang dah q ksh betadine malah d jilatin lg smp bersih..pertanyaan q apa kucing q tu dah infeksi…apa bisa menular ke kita nanah/darah yg menyenyeh krn infeksinya itu

    Reply
  17. Makasih gan tipsnya, kucing di rumah kaki belakannya jalannya pincang-pincang, makin lama malah gak bisa jalan, sekarang jalannya ngesot-ngesot tapi masih bisa gerak-gerak kakinya, kayanya bermasalah di tulang badan sebelah bawah, lagi di coba tipsnya mudah-mudahan manjur.
    thanks gan.

    Reply
  18. Ka aku punya kucing tapi masih kecil terus kaki dia patah karna ke injek tapi kucing ku ga mau makan dan minum bahkan minum air susu ibu nya pun ga mau….cara ngatasin nya gimana ya

    Reply
  19. Permisi, mau tanya dong, saya punya anak kucing jadi umurnya 1bulan lebih, pas saya lagi dorong motor tiba tiba anak kucing saya kelindas, tapi dengan situasi motor yang saya dorong pelan, dan tiba tiba kucing nya ga bisa jalan dan cuma duduk aja, kalau saya bantu berdiri dia bisa jalan, itu gimana solusi nya ya?

    Reply
  20. mau tanya.. kucing saya kakinya jadi membesar kayak bengkak dan tangan sebelah kanan kayak menggantung gitu.. kira2 gimana ya pengobatannya? lalu satunya lagi di bagian mata sebelah kanan bengkak.. mungkin kepala dia digetok orang.. gimana ya?

    Reply
  21. Saya punya kucing kampung dirumah, beberapa hari yang lalu badannya panas banget, dia juga ga mau makan minum, maunya tiduran aja, mau ga mau saya paksa buat minum susu, pas saya liat dia jalan ternyata kaki sebelah kiri nya sedikit pincang dan jika dipegang dia teriak, cara menyembuhkan nya bagaimana ya?

    Reply
  22. Kaki kucing saya kok Besar satu dan kakinya di angkat … Itu keseleo atau apanya??
    Mohon ampun informasi nya dong . Soalnya takut ada apa” sama kucing ku

    Reply
  23. Kaki kucing saya kok Besar satu dan kakinya di angkat … Itu keseleo atau apanya??
    Mohon ampun informasi nya dong . Soalnya takut ada apa” sama kucing ku

    Reply
  24. Pengen nanya saya punya kucing kira kira baru umur 4 bulanan terus entah kenapa tergeletak di halaman rumah terus dihidungnya ada darah sedikit keluar dan sampai saat ini gak bisa gerak lemah banget sya curiganya si terlindas ama sepeda keponakan saya.. Ponakan saya aktif banget soalnya kasi pencerahan dong saya jujur aja takut kalo ngeliat kucing berdarah saya kasi minum makan juga gak mau

    Reply
  25. Ada kucing kecil nyasar dirumah saya, gak tau umurnya berapa karna saya emang gak suka kucing, panjang badannya kira2 25cm, lutut nya luka, tulangnya keluar dan tulangnya itu patah, saya kasi pil yang warnanya putih ijo, karna udah takut liat darahnya, sekitar 2 hari luka nya agak kering, tapi tetap bau, kadang kakinya bernanah, tolong kasi saran gimana cara ngobatin kucing saya dong, mau bawa kedokter hewan tapi gak ada duit😭

    Reply
  26. Mlm
    Saya mau tanya dok
    Kucing saya ni jatuh dr ketinggian trs kakiny pincang.dia suka ngeong2 kalo dia mau berdiri atau mau pindah tdr berjalan.kl kesengol jg ngeong dia..ms kecil ..kasian kira2 dia patah tulang atau keseleo ya…tp kl mkm minum ms nafsu main pun ms mau

    Reply
    • Oiya lupa pas gua pegang di pngkal kakinya itu kayak dislokasi bener2 gak nyatu sama badan tapi gak ada luka luar n nafsu makannya juga normal

      Reply
  27. tolong dong siapa pun,,, sya nemu kucing pincang tadinya masih bisa jalan..
    masih napak, 2 bulan kemudian ikut sya kakinya makin parah,, udah ngga bisa napak lg jalannya.. kalo kita coba pegang malah marah kayanya kesakitan gitu, trus sya mesti gmna????

    Reply
  28. Kak, aku mau nanya. Kan kaki kucingku pernah keseleo, gatau karna apa, tapi jalannya agak pincang. Kemarin udh nurutin saran pengobatan dr kakak dgn menggunakan jahe sama sereh, trus dibalut pake perban, tapi waktu perbanny dibuka, bulu yg ada di kakinya itu hilang semua, jadi kulit kucingnya itu keliatan. Jd gmna ya kak? Aku takut nanti kenapa”

    Reply
  29. Mau tanya dong, kucing anggora saya gatau kenapa kaki depan sebelah kanannya pincang, trus kalo dipegang marah dia, pas saya pegang kayak ada bengkak gitu,

    Reply
  30. Kak, kalo semisal yg patah itu bagian atas kaki gimana? bisa sembuh nggak?….. jalannya pincang, kalo dipegang kayak bisa diputer ke depan gitu….. kalo bisa sembuh, caranya gmana kak? sama kah?

    Reply
  31. Yang pada tanya disini. Mending langsung ke dokter hewan saja lebih cepat lebih baik. Daripada menunggu balasan dari admin. Lagipula tidak terlalu mahal kok saya kena charge 80-100rb an demi kucing kita. Trims.

    Reply
  32. saya punya kucing .saya gak tau kaki kucingsaya kena apa .dia pulang maen kaki nya berdarah yang satu nya pincang ,dan kalo di pegang dan di gendong marah .dan makn nya ndak nafdsu .bagaimana cara nya mengobatinya

    Reply
  33. kak mau nanya kaki kucing saya tiba-tiba bengkak tapi tidak ada luka. Awalnya hanya terlihat pincang lalu tiba-tiba bengkak tanpa tahu penyebabnya. Kira-kira kenapa ya?

    Reply
  34. Gan kan kucing saya baru 1/2 bulan terus kakak saya taruh di atas lemari trrus kucingnya jatuh
    1 kakinya kek lemes terus kalo di pegang sakit saya blom tau cara ngobatinya
    Gimana supaya cepat sembuh gan? Soalnya kejadian ini baru terjadi tadi pagi 🙁

    Reply
  35. Kucing saya kaki kanan nya bengkak,dan ada darahnya sedikit,sehingga ia susah berjalan dan pincang,dan ia masih mau makan,setau saya dia malam2 keluar dari rumah,dan tiba dirumh dini hari.gimana cara mengobati kaki kucing saya yg bengkak dan berdarah sedikit?

    Reply
  36. Gan aku mau nanya tadi kucing aku d setang gitu sama kucing liar dia ga ngelawan karna emang ga pernah berantem, trus d rumah dia kanannya ga bosa d pegang dia nyakar kalo coba d pegang pas di cari takut ada luka gitu, trus dia jd ga bisa garuk2 pke kaki lagi itu solusinya gimana ya gan plis tolongin 😔

    Reply
  37. Gan tolong jawab . Kucing saya kaki depan y kelindes motor . Terus luka gitu berdarah mah udah ga .tpi daging y aga” keliatn gitu . Cara ngobatin luka y gmn gan tolong jawab

    Reply
  38. Aku punya kucing udah dewasa, iya kucingnya kucing liar, biasanya kalo kakinya luka, aku kasih betadine tpi cepet sembuhnya. Lah trus kemarin kucingnya pulang pulang kok tau tau pincang. Trus cara ngobatinnya gimana?

    Reply
  39. Ka kucing saya masih kecil umurnya sekitar 3bulanan dia sore sore gak apa kakia nya tapi besok nya tiba tiba pincang dia tiidur terus kalau kakinya di pegang kadan sakit kadang enggak belum mau dikasih makan tapi tetap mau minum air susu induknya

    Reply
  40. Maaf mau tanya.. sy p7nya kucing umur 2 bln..digigit punggungnya n dibant8ng sama kucing dewasa..hinggabkaki belakqngjya kaya lumpuh..dan g bisa b.a.b n pipis..dah ke dr hewan…barangiali ada solusi lain selain dokter…terima kasih…

    Reply
  41. Kemaren Saya nemu anak kucing saya kira dia ketabrak terus kaki nya patah tapi ternyata cacat bawaan lahir . dan smpe sekarang anak kucing tidak mau makan sama sekali, minta sarannya dong . saya khawatir takut mati soalnya ga makan”

    Reply
  42. Aku punya kucing masih kecil sih.dia kejar kejar kucing kecil yg masuk kerumah.abis itu sih kucing liar itu lompat lewat pager dan berhasil,dan saat kucing ku pengen ikut lompat dan mengejar di jatoh dan guling guling pada saat di bawa ke dalam rumah dia jalannya pincang dan kakinya pas hari pertama di pegang dia meong kesakitan.
    Itu kenapa y??ada yg tau g keseleo atau patah???

    Reply
  43. Gmn ya cara nya ngobatin sakit tulang belakang pd kucing? Kasian kucing saya sakit ditulang belakang jd jln nya gemetar trs ga mau mkn tolong bantuan info nya

    Reply
  44. Kucing saya jatuh dr ketinggian 6m. Lg naik2 pot kembang di atas. Gk bisa bangun awalnya. Saya balur jahe+sereh tiap hari. Gak mau makan, trus saya paksa buka mulutnya lalu disuapi, kasih makan kesukaannya, akhirnya lahap jg. Hari ke 2 bisa ngesot. Hari ke 6 sdh bisa jalan. Terimakasih banyak infonya.

    Reply
  45. Mau nanya donk Gan…
    Ada kucing kampung,, ada yg bilang sih karna abis berantem sama kucing kampung lainnya… Nah kaki depannya pas dipegang tuh kucingnya kesakitan, klo jalan kaki depannya menggantung (jd jalannya dengan 3 kaki).. Kira2 itu cuma keseleo atau retak yah?? Cara ngobatinnya bagaimana yah? Gak tega liatnya..Soalnya mau di bawa ke dokter hewan tp saya nya tdk ada biaya…
    Tolong sarannya yaah…
    Makasiih

    Reply
  46. Kak? Kucing saya gak sengaja keinjek krn kamar gelap dan gatau dia ada di kamar lg tidur. Trs dia kayak sakit bgt gtu :'( Kasian, sama mama di urut2 tiap beberapa menit dia kayak grpek grepek nahan sakit… Itu gmna solusinua? Mau ke dokter juga jauh gatau juga dmna krn ini dikampung :'(

    Reply
  47. Kucing sayang waktu malem gapapa tapi pas pagi pagii dia tiba tiba pincang kakinya dan sekarang susah makan dan tidur mulu, saya juga kurang tau penyebabnya bisa pincang, kira kira gimana solusinya:(

    Reply
  48. Gan kucing saya waktu malem ga kenapa kenapa tapi pas pagi pagi dia jalannya jadi pincang, terus susah makan dan dia tiduran mulu tapi matanya melek kaya nahan sakit, gimana nih gan solusinya:(

    Reply
  49. Mau nanya ka, kucing saya di kaki dpn sblh kanan tbtb bengkak kemarin pagi masih gapapa dan sorenya sudah membengkak, jalan nya pincang dan ga nampak jalannya jdi ngambak gth seblah karna nyeri, itu biar bsa jalan seperti biasa itu pake obat apa?

    Reply
  50. Bang saya punya kucing,kucingnya emang jarang kerumah tiap malam pas siang2 dia pulang kakinya pincang dan ada luka luar dibagian kakinya bolong gitu dah warna kuning gitu dan ga mau makan coman minum doang gan udah 2 hari ini ga bisa jalan cara ngatasinya

    Reply
  51. Kak, kucing saya entah gatau knp. Dia tiba tiba kakinya pincang gt, trs gmw makan, tidur trs, itu kaki nya knp ya? Apa harus dibawa ke dokter?

    Reply
  52. Kucing aku jg sepertinya keseleo karna hari itu dia loncat trus kakinya yg seblah pincang. Tidak mau makan dan tidak tau harus gimana 🙁

    Reply
  53. Kak kucingku semaleman habis gk pulang, taunya sudah dirumah kakinya pincang udah hampir 3minggu ini belum sembuh, saat kakinya kupegang kayaknya dia sakit, terus coba menghindari pegangan, itu harus bagaimana yah ?

    Reply
  54. Kucing saya jatuh dari teras lantai atas, terus pas saya ambil jalannya pincang, kaki kanannya kalo jalan diangkat tp kalo duduk di turunkan kembali. Mohon bantuannya plis

    Reply
  55. ka kaki kcingku pincang yng sblah kanan yng depan pdhal pagi sma siang tidur aja pas bangun” kaki nya udah pincang
    kalau kaki kcing yang pincang di pijet boleh gak ka?
    trs kcingku gak mau makan semua

    Reply
  56. ka kaki kcingku pincang yng sblah kanan yng depan pdhal pagi sma siang tidur aja pas bangun” kaki nya udah pincang
    kalau kaki kcing yang pincang di pijet boleh gak ka?
    trs kcingku gak mau makan semua , kcingku yng satu kan sdah sembuh ters ganti ke adiknya ,,, kcing ku yng smbuh msih g mau mkan gimna ka?

    Reply
  57. Kucing saya belakangan ini dia bisa naik ketempat tinggi namun jika ingin turun dia seperti ketakutan ada yg tau kenapa?

    Reply

Leave a Comment