Cara Mengatasi Sengatan Lebah: Sehatq.com

Bantuin Share Yuk!

Cara Mengatasi Sengatan Lebah – Lebah adalah serangga yang berkelompok sangat besar meskipun tidak semua bersifat demikian. Sebagai serangga, lebah memiliki pasangan kaki dan dua pasang sayap. Lebah membuat sarangnya di pohon kayu, atas bukit dan atap rumah. Sarangnya dibangun menggunakan perekat dari getah pohon.

Cara Mengatasi Sengatan Lebah
Cara Mengatasi Sengatan Lebah

Lantas bagaimana jika kita tidak sengaja terkena sengatan lebah?

Biasanya, sengatan lebah tidak menyebabkan reaksi serius loh! Akan tetapi bagi seseorang yang alergi atau yang sudah mengalami beberapa kali terkena sengatan lebah, hal ini dapat menyebabkan reaksi yang parah seperti alergi berat bahkan keracunan.

Keracunan lebah bisa disebut dengan keracunan apitoksin atau keracunan virus apis. Apitoksin dan virus apis adalah nama lain dari racun yang dihasilkan dari sengatan lebah

Berapa lama efek sengatan lebah?

Reaksi tersengat lebah akan merasakan nyeri disertai panas, bengkak di area sengatan dan bentol, gejala ini akan hilang dengan sendirinya dalam hitungan jam. Akan tetapi bentol dan bengkak dapat meluas dalam waktu 2-3 hari, bahkan berlangsung 5-10 hari, hal ini tergantung dari reaksi tubuh.

Apa manfaat sengatan lebah?

Sengatan lebah bisa menjadi obat antiradang loh! Kok bisa? Karena memiliki kandungan antiinflamasi atau anti radang didalamnya. Meski sudah mempunyai kandungan antiradang yang cukup tinggi, tetapi tidak disarankan untuk terapi sengat lebah dalam jumlah terlalu banyak dan sering.

Cara Mengatasi Sengatan Lebah

Mengobati sengatan tawon itu tergantung dari kondisi lukanya, perlu kamu ketahui bahwa tidak ada penawar khusus yang tersedia untuk melawan racun dari sengatan serangga terutama lebah. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara mengobati sengatan lebah yang sudah bengkak, yaitu:

  1. Mencuci bagian yang terkena sengatan dengan sabun dan basuh dengan air untuk mengeluarkan racun.
  2. Jaga luka supaya tetap bersih dan kering, hal itu untuk mencegah infeksi.
  3. Kompres dingin dibagian yang tersengat untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan.
  4. Konsumsi obat penghilang rasa sakit, seperti ibuprofen, jika dampak nyeri akibat sengatan tidak tertahankan
  5. Kamu juga bisa menggunakan krim hidrokortison, lotion kalamin, atau obat antihistamin jika merasakan gatal-gatal atau iritasi kulit yang mengganggu.
  6. Yang paling penting adalah untuk mempertimbangkan melakukan sunti tetanus, beberapa hari setelah terkena sengatan lebah.

Jika syok anafilaktik terjadi setelah terkena sengatan lebah, kamu membutuhkan suntikan epinefrin untuk menstabilkan peredaran darah kamu, resusitasi jantung paru atau RJP jika terjadi pernapasan berhenti sejenak. Pemberian oksigen dan obat lain seperti kortikosteroid atau antialergi untuk membantu pernapasan kamu.

Karena gejala bisa terjadi bisa sangat berat maka kamu harus tau cara mencegah sengatan lebah, terutama jika kamu mempunyai alergi terhadap racun serangga.

Cara Mencegah Sengatan Lebah

Menggunakan sepatu atau kaos kaki saat berada di luar ruangan, mengugnakan kemeja lengan Panjang dan celana Panjang Ketika berada di daerah yang terdapat banyak pohon atau di hutan.

Jika tersengat lebah, coba untuk menerapkan cara mengobati sengatan lebah yang sudah bengkak seperti yang sudah dijelaskan diatas. Jika masih tidak kunjung sembuh bahkan merasa lemas dalam waktu yang cepat, maka segeralah pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, info penyakit lebih lengkap silahkan bisa mengunjungi SehatQ.com

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi sengatan lebah yang sudah kamu baca diatas, semoga informasi ini dapat membantu kamu dalam mengatasi sengatan lebah, jangan lupa untuk bagikan informasi ini ke teman-teman dan kerabat kamu lainnya yah! Jadi jika terkena sengatan lebah bisa langsung ditangani dengan cepat dan benar.


Bantuin Share Yuk!
Baca Juga :  Kucing Adalah